Senin, 03 Mei 2010

KEWARGANEGARAAN

TIDAK SULIT CIPTAKAN RUMAH SEHAT


Mengepel lantai setiap hari bukan satu-satunya cara untuk menciptakan suasana rumah menjadi bersih dan sehat. Masih banyak langkah yang bisa diambil agar kualitas kesehatan tubuh menjadi semakin baik. Berikut cara sederhana yang dapat diambil agar tubuh terhindar dari penyakit.

Bila rokok dikatakan dapat menyebabkan timbulnya kanker paru-paru, semua orang tentunya sudah tahu. Sebenarnya bukan hanya kanker, kebiasaan merokok pun dapat menyebabkan timbulnya aneka penyakit dalam mulut, kerongkongan, esophagus (pembuluh makanan yang menghubungkan perut dengan mulut), lambung, ginjal, bahkan kanker saluran kencing. Karena itu, hentikan kebiasaan merokok. Sebab, berdasarkan penelitian, wanita perokok biasanya melahirkan bayi dengan berat tubuh dibawah rata-rata.

Kurangi obat-obatan yang mengandung pestisida. Banyak pembersih peralatan rumah tangga atau pembasmi serangga berupa obat semprot. Obat-obatan tersebut umumnya mengandung synthetic pyrethoids, yakni pestisida yang mengandung permethin. Bahan kimia ini nyatanya memberikan pengaruh buruk terhadap tubuh, misalnya terhadap fungsi reproduksi dan penurunana jumlah sperma pada pria. Pestisida juga dapat memicu timbulnya kanker payudara dan jenis kanker lainnya serta dapat menyebabkan cacat pada janin.

Karena itu. Jangan terlalu sering menggunakan obat anti nyamuk yang disemprotkan. Akan tetapi, bila hendak menyemprot obat antiserangga, terlebih dahulu simpan makanan yang ada diatas meja kedalam lemari. Untuk menghalau serangga, ada cara yang lebih aman, misalnya untuk mengusir kecoa dari dalam lemari, gunakan saja daun pandan. Sementara untuk menghalau nyamuk dan serangga lainnya, nyalakan lilin yang mengandung aromaterapi.

Sepertin spons, karpet sangat menghisap debu serta menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan tungau. Makanya, rumah akan lebih sehat bila tanpa karpet. Jika memang ingan menghias rumah dengan karpet, pilihlah karpet yang terbuat dari serat alami yang dapat dicuci. Bersihkan karpet setidaknya dua kali seminggu dan hindari penggunaan karpet dikamar yang basah.

Percholoethylene merupakan bahan pelarut yang sering digunakan untuk mencuci pakaian dengan cara dry-clean. Bahan kimia yang mampu melekat dipakaian hingga seminggu ini diduga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Karena itu, alangkah bijaksananya jika kita mencuci pakaian dengan tangan atau pilih binatu yang tidak menggunakan bahan percholoethylene.

Membuka jendela merupakan cara yang paling mudah menghilangkan uap yang ditimbulkan olh bahan-bahan pembersih. Bukalah jendela dan pintu rumah stiap pagi agar udara segar diluar rumah dapat masuk keruangan.

Jangan biarkan handuk basah berada didalam kamar mandi. Handuk basah merupakan lahan yang baik untuk perkembangan bakteri. Juga dapat menimbulkan bersin dan rasa gatal pada hidung, mata, dan kerongkongn, asma. Handuk yang basah juga merupakan sarang kuman. Kuman akan pindah ketangan begitu handuk digunakan. Jadi, cucilah handuk sesering mungkin.

Karena kesehatan itu sangat mahal harganya, maka jagalah dari mulai hal yang terkecil hingga hal terbesar. Dari mulai rumah kita hingga lingkungan sekitar. Karena kebersihan rumah merupakan kenyamanan dan kesehatan bagi diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar